Selasa, 14 Januari 2020

BUKU PEDOMAN INOVASI "AREA BERMAIN SEBAGAI SUMBER BELAJAR ANAK TK"


Link Download : https://s.id/Buku-Panduan

Area Bermain Sebagai Sumber Belajar Anak Didik TK

Dibuat oleh

Suyono, S.Pd., M.Pd

Sumiyati, S.Pd., AUD

Unit Kerja

TK Negeri Pembina Kecamatan Batuwarno

Kabupaten Wonogiri

Jawa Tengah

Penanggung Jawab

Kepala TK Negeri Pembina Kecamatan Batuwarno

Pengarah

Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Batuwarno

Pembina

Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan

Kabupaten Wonogiri

Jawa Tengah

 

DAFTAR ISI

Halaman Judul .................................................................................................................................................... ....i

Bab I Pedoman Area bermain sebagai Sumber Belajar Anak Didik TK ..................................................... ....1

Pendahuluan ............................................................................................................................................................. 1

Dasar Hukum ............................................................................................................................................................ 1

Tujuan ........................................................................................................................................................................ 1

Hasil yang Diharapkan ............................................................................................................................................ 1

BAB II Pentingnya Area Bermain ........................................................................................................................... 2

Pentingnya area Bermain ......................................................................................................................................... 2

Prinsip ......................................................................................................................................................................... 2

Fungsi .......................................................................................................................................................................... 2

Manfaat ....................................................................................................................................................................... 2

Kebutuhan ..................................................................................................................................................................  2

Perencanaan ................................................................................................................................................................ 2

BAB III Kegiatan Tematik ......................................................................................................................................... 3

Kegiatan Pembukaan .................................................................................................................................................  3

Kegiatan Inti ................................................................................................................................................................  3

Kegiatan Penutup ........................................................................................................................................................  3

BAB IV Metode Pembelajaran ..................................................................................................................................  4

BAB V Daya Dukung .................................................................................................................................................. 5

BAB VI Penutup ........................................................................................................................................................... 6

 

 

 

BAB I

PEDOMAN AREA BERMAIN SEBAGAI SUMBER BELAJAR ANAK DIDIK TK

A.  Pendahuluan

1.    Latar Belakang

Merencanakan merencanakan Area Bermain sebagai Sumber Belajar Anak Didik TKyang baik dan sistematis berkesinambungan dirancang sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran, keseusaian

 

 

materi, pengalaman belajar, tempat dan waktu belajar, alat/sumber belajar sangat diharapkan untuk dikembangkan.

KualitasArea Bermain sebagai Sumber Belajar Anak Didik TK dapat diukur dan ditentukan sejauhmana kegiatan dapat mengubah perilaku anak kearah yang sesuai  dengan tujuan kompetensi yang telah ditetapkan. Oleh karena itu guru TK Negeri Pembina Kecamatan Baturetno diharapkan mampu  merancang, mengembangkan, dan melaksanakanArea Bermain sebagai Sumber Belajar Anak Didik TKArea Bermain sebagai Sumber Belajar Anak Didik TKArea Bermain sebagai Sumber Belajar Anak Didik TKyang sesuai dengan karakteristik, kebutuhan, dan perkembangan anak.

Pendekatan pembelajaran yang tepat pada naka usia dini akan menentukan keberhasilan anak dalam mencapai perkembangan yang optimal sesuai karakteristik, minat, dan potensinya. Dengan perkembangan yang optimal ini, anak akan mempunyai kesiapan belajar untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Kesiapan belajar ini tercermin dari tercapainya kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan perkembangan anak.

Terdapat sejumlah kriteria Area Bermain sebagai Sumber Belajar Anak Didik TK yang dipahami dan selanjutnya untuk diterapkan oleh pendidik. Pedoman ini menjelaskan berbagai strategi yang berkaitan dengan pembelajaran di PAUD yang meliputi prinsip-prinsip, lingkup, pengelolaan, metode, dan dukungan pembelajaran.

 

2.    Dasar Hukum

Memperhatikan :

1.    Undang – Undang Nomor 20 tahun 2003Pasal 1 butir 14 menyebutkan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini(PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak  sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Pasal 42 ayat 2  Undang-Undang No.20 tahun 2003 menyatakan bahwa setiap satuan pendidikan wajib memiliki prasarana yang meliputi lahan, ruang kelas, ruang pimpinan satuan, ruang pendidik, ruang tata usaha, ruang perpustakaan, tempat bermain, dll yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang diatur dan berkelanjutan.

2.Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan anak.

3.Peratuaran Pemerintah Republik Indonesia Nomor 322 Tahun 2013 tentang perubahan atas peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

4.Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 14 Tahun 2010 tentang dokumen lingkungan hidup bagi usaha dan / atau kegiatan.

5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasioanal Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  RI Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 PAUD

7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Nasional PAUD

 

3.    Tujuan

Tujuan dari diterbitkannya buku Pedoman Area Bermain sebagai Sumber Belajar Anak Didik TKadalah

a.     Guru-guru di TK Negeri Pembina Batuwarno dapat mengelola sarana prasarana dengan baik;

b.    Kepala TK Negeri Pembina Batuwarno dalam merancang dan memantau pengelolaansarana prasarana, dan memilih sarana prasarana yang aman tepat, dan nyaman ;

c.     Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri mudah dalam memantau dan menyediakan sarana prasarana  sesuai kewenangannya.

 

4.    Hasil yang Diharapkan

Meningkatkan pengetahuan  guru-guru di TK Negeri Pembina Batuwarnodalam menentukansarana prasarana.

 

 

BAB II

PENTINGNYA AREA BERMAIN

1.Pengertian

Area Bermain sebagai Sumber Belajar Anak Didik TKadalah segala macam alat, perlengkapan, atau benda-benda yang mendukung penyelenggaraan kegiatan pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan anak usia dini secara optimal.

2.PrinsipArea Bermain sebagai Sumber Belajar Anak Didik TK Negeri Pembina Kecamatan Batuwarno

Prinsip yang digunakan sebagai berikut:

1.    Aman.

2.    Nyaman.

3.    Memenuhi criteria kesehatan bagi anak.

4.    Sesuai dengan tahap perkembangan  anak.

5.    Memanfaatkan potensi dan sumber daya yang ada di lingkungan TK Negeri Pembina Kecamatan Batuwarno.

3.Fungsi Area Bermain sebagai Sumber Belajar Anak Didik TK Negeri Pembina Kecamatan Batuwarno

1. Melengkapi lingkungan main Area Bermain sebagai Sumber Belajar Anak Didik TK yang tepat untuk anak TK Negeri Pembina Kecamatan Batuwarno

2. Mendukung kelancaran proses belajar anak TK Negeri Pembina Kecamatan Batuwarno

3. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas penyelenggaraan TK Negeri Pembina Kecamatan Batuwarno.

4. Mengembangkan karakter positif anak TK Negeri Pembina Kecamatan Batuwarno.

4.Manfaat Area Bermain sebagai Sumber Belajar Anak Didik TKNegeri Pembina Kecamatan Batuwarno

Manfaat Area Bermain sebagai Sumber Belajar Anak Didik TK Negeri Pembina Kecamatan Batuwarno antara lain:

1.    Menumbuhkan rasa aman dan nyaman anak diTK Negeri Pembina Kecamatan Batuwarno;

2.    Memotivasi anak TK Negeri Pembina Kecamatan Batuwarno;

3.    Terselenggaranya layanan diTK Negeri Pembina Kecamatan Batuwarno;

4.    Proses pembelajaran di TK Negeri Pembina Kecamatan Baturetno menjadi lebih optimal.

5. Kebutuhan anak sebagai Dasar Rancangan Area Bermain sebagai Sumber Belajar Anak Didik TK

Kebutuhan anak di TK Negeri Pembina Kecamatan Batuwarno menjadi dasar dalam menyusunan rancanganArea Bermain sebagai Sumber Belajar Anak Didik TK antara lain:

1.    Keleluasaan anak dalam melakukan aktifitas

Anak TK Negeri Pembina Kecamatan Batuwarno sangat aktif, sehingga diperlukan lingkungan yang memberikan kesempatan kepada anak untuk bergerak dengan leluasa.

2.    Kenyamanan anak dalam menggunakan Area Bermain sebagai Sumber Belajar Anak Didik TK

Anak TK Negeri Pembina Kecamatan Batuwarno akan merasa nyaman leluasa bereksplorasi dalam lingkungan.

3.    Tingkat kemampuan anak dalam menggunakan Area Bermain sebagai Sumber Belajar Anak Didik TK

Anak TK Negeri Pembina Kecamatan Baturetno mempunyai kemampuan yang berbeda, guru dan tenaga kependidikan perlu memahami dan memperhatikan tingkat kesulitan anak.

6. Perencanaan

1. Perencanaan pengelolaan Area Bermain sebagai Sumber Belajar Anak Didik TK

Perencanaan pengelolaan  mencakup penataan lingkungan belajar serta pengorganisasian anak  di luar kelas. Pengeloaan kelas disesuaikan dengan model pembelajaran yang digunakan di TK Negeri Pembina Kecamatan Batuwarno.

2. Pelaksanaan Area Bermain sebagai Sumber Belajar Anak Didik TK

Salahsatu pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam kurikulum 2013 adalah pendekatan tematik terpadu. Dalam model pembelajaran tematik terpadu di TK Negeri Pembina Kecamatan   Batno, kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk satu tema, sub tema, dirancang untuk mencapai secara bersama-sama  kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan dengan mencakup sebagian atau seluruh aspek perkembangan.

Pelaksanaan kegiatan di Area Bermain sebagai Sumber Belajar Anak Didik TK  dilakukan melalui pembelajaran langsung dan tidak langsung yang terjadi secara terintegrasi dan tidak terpisah. Pembelajaran langsung adalah proses pembelajaran melalui interaksi langsung antara anak dan sumber belajar yang dirancang dalam RPPM dan RPPH. Pembelajaran langsung berkenaan dengan pengembangan pengetahuan dan keterampilan yang terkandung dalam Kompetensi Inti-3( pengetahuan) dan Kompetensi-4( Keterampilan).

 

Pembelajaran tidak langsung adalah pembelajaran yang tidak dirancang secara khusus namun terjadi dalam proses pembelajaran langsung. Melalui proses pembelajaran langsung untuk mencapai kompetensi pengetahuan dan keterampilan akan terjadi dampak  pada pengembangan nilai dan sikap yang terkandung dalam Kompetensi Inti-1(sikap spiritual) dan Kompetensi Inti-2 (sikap social).

BAB III

KEGIATAN TEMATIK

Pembelajaran tematik terpadu dilakukan dalam tahapan kegiatan pembukaan, inti, dan penutup.

a.     Kegiatan Pembukaan

Kegiatan pembukaan dilakukan untuk menyiapkan anak secara psikis dan fisik untuk menmgikuti proses pembelajaran. Kegiatan ini berhubungan dengan pembahasan sub tema yang akan dilaksanakan. Kegiatan yang dilakukan antara lain berbaris, mengucap salam, berdoa, dan bercerita atau berbagi pengalaman.

b.    Kegiatan Inti

Kegiatan inti merupakan upaya kegiatan bermain yang memberikan penglaman belajar secara langsung kepada anak sebagai dasar pembentukan sikap, perolehan pengetahuan dan keterampilan. Kegiatan inti memberikan ruang yang cukup untuk berinisiatif, kreatif, dan mandiri sesuai dengan bakat minat dan kebutuhan anak.

Kegiatan inti dilaksanakan dengan pendekatan saintifik meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan.

1.    Mengamati

Mengamati dilakukan untuk mengetahui objek di antaranya dengan menggunakan indera seperti melihat, mendengar, menghidu, merasa, dan meraba.

 

 

2.    Menanya

Anak didorong untuk bertanya, baik tentang objek yang telah diamati maupun hal-hal lain yang ingin diketahui.

3.    Mengumpulkan informasi

Mengumpulkan informasi  dilakukan melalui beragam cara( melakukan, mencoba, mendiskusikan, dan menyimpulkan hasil dari berbagai sumber.

4.    Menalar

Menalar merupakan kemampuan menghubungkan informasi yang sudah dimiliki dengan informasi yang baru diperoleh sehingga mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang sesuatu hal.

5.    Mengkomunikasikan

Mengkomunikasikan merupakan kegiatan untuk menyampaikan hal-hal yang telah dipelajari dalam berbagai bentuk antara lain: melalui cerita, gerakan, dan dengan menunjukkan hasil karya berupa gambar, berbagai bentuk dari adonan, boneka dari kertas, bahan daur ulang dan hasil anyaman.

 

c.     Kegiatan Penutup

Kegiatan penutup merupakankegiatan yang bersifat penenangan dengan kegiatan antara lain:

1.    Membuat kesimpulan sederhana dari kegiatan yang telah dilakukan, termasuk pesan moral yang ingin disampaikan;

2.    Nasihat-nasihat yang mendukung pembiasaan yang baik;

3.    Refleksi dan umpan balik terhadap kegiatan yang sudah dilakukan;

4.    Membuat kegiatan penenangan seperti menyanyi, bercerita, dan besyair yang sifatnya menggembirakan dan,

5.    Menginformasikan rencana pembelajaran pertemuan besuk/berikutnya.

BAB IV

METODE PEMBELAJARAN

Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan pendidik dalam melakukan kegiatan pembelajaran kepada anak untuk mencapai kompetensi.

Beberapa metode yang digunakan di TK Negeri Pembina Kecamatan Batuwarno adalah

1.    Bercerita

Bercerita adalah cara bertutur dan menyampaikan cerita secara lisan. Cerita harus diberikan secara menarik, anak diberi kesempatan untuk bertanya dan memberi tanggapan. Pendidik dapat  menggunakan buku sebagai alat bantu bercerita.

2.    Demonstrasi

Demonstrasi digunakan untuk menunjukkan atau memeragakan cara untuk membuat atau melakuakan sesuatu.

3.    Bercakap-cakap

Bercakap-cakap dapat dilakukan dalam bentukTanya jawab antara anak dan guru atau anak dengan tmannya.

4.    Pemberian Tugas

Pemberian tugas dilakukan oleh pendidik untuk member pengalaman yang nyata kepada anak baik secara individu maupun kelompok.

5.    Sosio drama/bermain peran

Sosio drama/bermain peran atau bermain peran dilakukan untuk mengembang imajinasi /mengembangkang daya khayal, kemampuan berekpresi, dan kreatifitas anak yang diinspirasi dari tokoh-tokoh atau benda-benda yang ada dalam cerita.

6.    Karyawisata

Karyawisata adalah kunjungan secara langsung ke objek-objek di lingkungan kehidupan anak yang sesuai dengan tema yang sedang dibahas.

 

7.    Projek

Projek merupakan suatu tugas yang terdiri atas rangkaian kegiatan yang diberikan oleh guru kepada anak, baik secara individu maupun secara berkelompok dengan menggunakan objek alam sekitar maupun kegiatan sehari-hari.

8.    Eksperimen

Eksperimen merupakan pemberian pengalaman nyata kepada anak dengan melakukan percobaan secara langsung dan mengamati hasilnya.

BAB V

DAYA DUKUNG

Untuk membantu peencapaian pembelajaran yang optimal diperlukan dukungan dari:

1.    Media dan sumber belajar yang sesuai dengan kegiatan yang dilakukan;

2.    Guru dan tenaga kependidikan yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang relevan;

3.    Keterlibatan orangtua; dan

4.    Keterlibatan instansi yang terkait (SD N I Selopuro, Kelurahan Selopuro, Koramil Batuwarno, Puskesmas Batuwarno,Polsek Batuwarno dll).

5.     

BAB VI

PENUTUP

Demikian buku pedoman  ini agar dapat digunakan sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran di TK Negeri Pembina Kecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2019/2020.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASUDEMI Inovasi TK Pertiwi Pule 3 Yang Menyenangkan

  Pendidikan al quran adalah pondasi penting yang harus diajarkan oleh orangtua dan guru maupun oleh orang-orang dewasa lainnya yang berada ...